5 Kemampuan yang Harus Dikuasai oleh Seorang Penerjemah Dokumen

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai oleh Seorang Penerjemah Dokumen

Penerjemah dokumen sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Baik bagi individu maupun perusahaan hingga instansi pemerintahan. Tugas utama seorang penerjemah dokumen di antaranya adalah membuat dan menulis teks terjemahan yang akurat tanpa mengurangi arti.

Selain itu, dokumen yang diterjemahkan pun harus mudah dibaca dan dipahami oleh masyarakat. Maka, untuk menjadi seorang penerjemah dokumen yang profesional dibutuhkan kemampuan khusus seperti berikut.

Kemampuan Penguasaan Bahasa

Keterampilan dan kemampuan penguasaan bahasa bagi seorang penerjemah dokumen adalah hal penting yang paling utama. Dalam hal ini adalah penerjemah paling tidak memiliki gelar akademik yang berhubungan dengan bidang penerjemahan. Seperti jurusan bahasa dan sastra, maupun jurusan relevan lainnya. Lalu, dibuktikan dengan bukti keahlian bidang seperti memiliki sertifikat dari lembaga terkait maupun perguruan tinggi.

Kemampuan penguasaan bahasa penting dari hal yang paling umum maupun khusus. Tidak hanya mengenai kosa kata saja, melainkan juga bagaimana memahami istilah-istilah khusus dalam bahasa asing. Misalnya untuk bidang satu dan bidang lainnya bisa saja berbeda. Oleh karena itu, kemampuan menelaah dan penguasaan bahasa ini menjadi hal utama yang dimiliki penerjemah dokumen.

Membaca Dokumen dengan Teliti

Kemampuan berikutnya adalah kemampuan dalam membaca dokumen maupun naskah yang ada. Membaca naskah maupun dokumen bagi penerjemah tidak harus selalu cepat. Melainkan bagaimana membaca efektif dan memahami maksud dan tujuan kalimat per kalimatnya.

Bila dilakukan dengan tergesa-gesa, maka proses penerjemahan tidak akan berjalan dengan baik. Bisa saja hasil terjemahannya kurang akurat bahkan mengubah arti dan maksud kalimat yang ada. Di sini seorang penerjemah dokumen memerlukan proses berkali-kali untuk dapat memahami dan mengerti kalimat. Kemudian, barulah menerjemahkannya per kalimat secara teliti.

Kemampuan Menulis

Tidak hanya kemampuan membaca dokumen saja, kemampuan menulis juga harus dimiliki oleh seorang penerjemah dokumen. Sebab, setelah membaca dokumen yang akan diterjemahkan, mereka juga diharuskan untuk menulis kembali dengan gaya bahasa apa yang digunakan.

Baca juga :  Mengenal Profesi Penerjemah Tersumpah di Indonesia

Tanpa dibekali kemampuan menulis yang baik, cukup sulit untuk penerjemah dokumen dapat memberikan naskah yang mudah dipahami oleh orang lain. Dengan catatan, penulisan kembali dari bahasa induk yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa yang diinginkan (seperti translasi Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia) tidak mengubah esensi maupun maksud kalimat yang ada.

Memahami Budaya Bahasa Induk

Penerjemah dokumen tidak hanya memahami bahasa tertentu saja. Melainkan juga harus memahami dan mengerti bahasa induk yang digunakan dalam sebuah dokumen maupun naskah. Dengan begitu, penerjemah akan lebih memahami konteksnya.

Dengan memahami budaya ini, akan memudahkan pula bagi penerjemah dokumen untuk menemukan padanan kata yang tepat dan sesuai dengan bahasa yang dituju dan juga tidak salah arti. Maka untuk memahami budaya, para penerjemah dokumen juga perlu sering membaca untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Ketepatan Waktu dan Penguasaan IT

Selain keempat kemampuan di atas, seorang penerjemah dokumen juga harus memiliki kemampuan disiplin terhadap waktu. Maksudnya adalah, penerjemah dokumen tersebut mampu mengerjakan sebuah terjemahan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Akan lebih baik lagi bila sebelum tenggat waktu yang diberikan.

Tujuannya adalah untuk mengecek dan mengoreksi kembali tulisan yang diterjemahkan agar sesuai dengan ketentuan yang ada. Di samping itu, penguasaan IT juga penting untuk menunjang pekerjaan. Misalnya menggunakan tools tertentu untuk mengirim berkas, penjadwalan, dan lain sebagainya agar selesai tepat waktu.

Setidaknya, itulah beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang penerjemah dokumen. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa penerjemah dokumen untuk individu maupun korporasi, bisa memilih layanan penerjemah dokumen tepercaya seperti Mitra Bahasa.

Dengan menerapkan profesionalitas yang tinggi dan didukung tenaga yang ahli di bidangnya, Mitra Bahasa sangat layak untuk Anda pilih. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa melihat langsung di website kami atau menghubungi via WhatsApp di +62 812-2001-594 maupun email di info@mitrabahasa.com

Semoga bermanfaat!

admin

Mitra Bahasa merupakan Kantor Penerjemah Tersumpah maupun Non Tersumpah. Jasa Penerjemahan Dokumen, Jasa Proofreading maupun Jasa Interpreter untuk Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda.

Leave a Reply

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?