Ini Dia Alasan Mengapa Proofreading Itu Penting

Ini Dia Alasan Mengapa Proofreading Itu Penting

Jangan unggah tulisan penting Anda pada khalayak umum sebelum melakukan proofreading! Artikel kali ini akan menjelaskan mengapa proofreading itu penting dan mengapa tahapan yang satu ini tidak boleh sampai Anda lewatkan, terlebih lagi jika Anda menulis naskah untuk buku, karya tulis ilmiah, ataupun dokumen penting lain.

Sebagai penulis yang original, Anda pasti menemukan kesulitan untuk mencari kesalahan terhadap tulisan sendiri sehingga bantuan dari seorang proofreader akan sangat membantu untuk memeriksa tulisan Anda.

Tidak hanya menemukan kesalahan tanda baca atau ejaan saja, namun dengan menyerahkan proses proofreading pada tenaga profesional yang sudah handal di bidangnya akan membantu Anda untuk memeriksa kembali apakah konteks dari tulisan Anda sudah dapat dipahami oleh pembaca atau belum.

Tentu saja Anda tidak ingin menimbulkan kesalahpahaman antara pembaca dengan tulisan yang Anda buat, kan? Itulah sebabnya, proses proofreading sangat penting dilakukan sebelum Anda mempublikasikan naskah tersebut pada khalayak yang lebih luas.

Berikut ini akan kami jelaskan lebih lanjut alasan mengapa proofreading itu perlu dilakukan.

Memeriksa kembali tata bahasa dan penulisan naskah

Naskah yang sudah selesai ditulis memerlukan proses penyuntingan setelahnya. Namun, proses penyuntingan ini bukan hanya sekedar mencari typo atau kesalahan tanda baca, tapi juga melakukan proofreading secara keseluruhan.

Proses proofreading ini memerlukan fokus yang lebih dalam untuk memperhatikan isi dari tulisan. Penulis bisa saja melakukan kesalahan pada saat merangkai kalimat, sehingga memunculkan kalimat yang tidak sesuai dengan gramatika. Akibatnya, pembaca mungkin saja mengalami kesulitan untuk memahami isi dari tulisan.

Baca juga :  Penerjemah Dokumen Tersumpah Bahasa Arab

Nah, inilah mengapa proofreading itu penting untuk memperbaiki kesalahan gramatika pada sebuah tulisan.

Proofreading memerlukan keterlibatan manusia

Melakukan proofreading tidak bisa dilakukan hanya dengan bantuan mesin. Diperlukan keterlibatan manusia untuk melakukan pekerjaan tersebut. Sebab, manusia memiliki akal dan logika, sehingga dapat mengerti mana struktur kalimat yang perlu diubah jika terdapat kalimat yang tidak sesuai dengan tata bahasa.

Menghindari kesalah pahaman dengan pembaca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai penulis yang asli Anda mungkin saja tidak menyadari adanya kesalahan dalam tata bahasa atau gramatika. Sehingga, pembaca bisa saja menjadi salah paham saat membaca tulisan Anda.

Naskah yang dibaca ulang oleh orang lain yang bersifat netral dapat menghindari kesalah pahaman.

Pilih jasa proofreading profesional yang sudah handal dalam bidangnya

Pentingnya melakukan proofreading setelah menyelesaikan sebuah tulisan baik yang akan dicetak maupun diterbitkan online memang tidak boleh diremehkan.

Adanya kesalahan dalam bentuk apapun pada teks tidak hanya akan menyebabkan kesalah pahaman dalam menyerap informasi, namun bisa juga berdampak pada reputasi seseorang, instansi, maupun lembaga. Untuk itu, penting untuk menyerahkan dokumen Anda pada proofreader profesional sebelum melalui proses penerbitan.

Jangan khawatir untuk mencari jasa proofreading yang profesional, sebab Mitra Bahasa adalah mitra Anda dalam memperbaiki segala kesalahan pada penulisan dengan biaya yang terjangkau. Percayakan penyempurnaan dokumen Anda pada kami!

admin

Mitra Bahasa merupakan Kantor Penerjemah Tersumpah maupun Non Tersumpah. Jasa Penerjemahan Dokumen, Jasa Proofreading maupun Jasa Interpreter untuk Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda.

Leave a Reply

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?