Ini Skill Penting dalam Proses Proofreading Profesional

Ini Skill Penting dalam Proses Proofreading Profesional

proofreading jurnal

Ketika menulis naskah tertentu, seperti novel, buku, maupun laporan terkadang masih belum sempurna. Oleh karena itu dibutuhkan uji-baca atau yang lebih dikenal dengan istilah proofreading. Tujuannya adalah mencari kesalahan dan kekurangan dan mengoreksinya agar lebih baik lagi.

Dalam proses uji-baca ini Anda bisa menggunakan layanan proofreading profesional. Meski begitu, Anda juga harus mengetahui skill penting saja yang harus dimiliki oleh penyedia jasa proofreading profesional berikut ini untuk hasil yang memuaskan.

Kemampuan Editing dan Menulis

Menulis dan mengedit adalah skill utama yang tidak bisa dipisahkan dalam proofreading profesional. Proses editing dilakukan dengan pemindaian atau pemeriksaan naskah dan dilanjutkan dengan kemampuan menulis yang baik. Terutama dalam menjabarkan maksud kalimat dalam naskah secara rinci dan ringkas.  Kemampuan memahami bahasa juga sebagai bekal untuk memahami apa yang ada dalam naskah nantinya.

Kemampuan untuk Membaca Cepat

Skill berikutnya ialah membaca naskah dengan cepat. Sebab, proses proofreading profesional terdapat tuntutan deadline yang sangat ketat. Dari membaca cepat inilah nantinya akan muncul kesalahan-kesalahan awal pada naskah untuk diperbaiki. Seorang proofreader akan menandai bagian mana saja yang memiliki kesalahan dan kekurangan.

Jeli dan Sangat Mendetail dalam Membaca

Tidak hanya dituntut untuk membaca cepat saja, dalam proofreading profesional juga diperlukan kejelian dan ketelitian. Proofreading profesional adalah pekerjaan yang berorientasi pada hasil akhir.

Maka, seorang proofreader profesional dituntut untuk menemukan kesalahan dan kekurangan pada naskah sekecil apapun kesalahannya. Baik itu bentuk ejaan, typo, maupun tanda baca. Termasuk menyempurnakan istilah-istilah yang mungkin saja belum dikenal luas oleh masyarakat agar mudah dipahami dan dibaca.

Ketepatan Waktu

Proofreading profesional sebaiknya memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Salah satunya adalah disiplin terhadap waktu yang telah diberikan. Misalnya klien menginginkan proses proofreading selama satu minggu. Sebisa mungkin penyedia layanan proofreading profesional harus selesai sebelum tenggat waktu yang diberikan.

Baca juga :  Mengetahui Lebih Dalam Apa Itu Proofreading dan Tanggung Jawab Seorang Proofreader

Sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk memeriksa kembali naskah yang sudah diperbaiki. Untuk itu, penyedia layanan proofreading profesional sebaiknya memiliki waktu pengerjaan yang sudah terorganisir dengan baik. Terlebih bila naskah yang dikerjakan dalam jumlah yang cukup banyak agar bisa selesai cepat waktu dan memberikan pelayanan terbaik kepada klien.

Kemampuan Multitasking

Kemampuan multitasking juga harus dimiliki proofreader dalam sebuah proses proofreading profesional. Hal ini karena di samping mengecek tatabahasa dan kalimat yang ada dalam sebuah naskah, juga dituntut untuk mengecek fakta-fakta yang ada. Apakah yang ditulis sesuai fakta yang ada atau belum.

Sebab, jika belum sesuai fakta seorang proofreader harus meluruskannya atau dengan menambahkan data sesuai fakta. Proses seperti ini jelas akan membuat pikiran menjadi teralihkan ketika tidak memiliki kemampuan multitasking yang andal.

Bagaimana, kini Anda sudah tahu bukan bagaimana memilih layanan proofreading profesional dengan memperhatikan skill yang harus dimiliki di atas? Anda bisa mempercayakan proofreading profesional di Mitra Bahasa. Selain berpengalaman, di sini kami mengerjakan proses proofreading menggunakan cara manual dan bukan menggunakan software khusus, sehingga lebih tepercaya dan hasil memuaskan.

Kamu juga melakukan proses tracking editing. Yakni Anda bisa melihat bagian mana yang perlu diubah dan membandingkannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan yang paling penting, kami memberikan garansi kepuasan dengan revisi sampai sesuai dengan kebutuhan. Beberapa layanan proofreading profesional di Mitra Bahasa yang ditawarkan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Arab.Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa melihatnya dengan cara klik di sini atau melalui emali di info@mitrabahasa.com maupun layanan telepon dan pesan singkat WhatsApp di 08122001594.

admin

Mitra Bahasa merupakan Kantor Penerjemah Tersumpah maupun Non Tersumpah. Jasa Penerjemahan Dokumen, Jasa Proofreading maupun Jasa Interpreter untuk Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda.

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?